Top News
Loading...
Minggu, 24 Desember 2017

Cara Mengetahui BPKB Palsu versi Korlantas

Karokab, Maraknya peredaran BPKB palsu saat ini membuat keresahan dimasyarakat. Untuk itu Korlantas Polri mengingatkan masyarakat agar berhati-hati, terlebih ketika membeli kendaraan second.

Hal tersebut disampaikan Kasubdit Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Priyanto dalam keterangan persnya Kamis (21/12). Dalam kesempatan itu ia memberikan beberapa tips-tips untuk mengetahui keaslian BPKB bagi pemilik kendaraan.

"Untuk BPKB Palsu Hologram di halaman depan akan berubah warna menjadi kuning bila diterawang, sedangkan yang asli berwarna abu-abu dan tidak akan berubah warna jika diterawang", ujarnya.

Selanjutnya, ia menambahkan "Bahan Cover lebih mengkilap untuk yang asli, sementara yang palsu bahannya lebih buram".

"Nomor seri yang ada dibawah Hologram dimaksudkan untuk membedakan domisili, namun untuk kode tersebut detailnya hanya ada pada Korlantas Polri dan tidak dipublikasikan", ujar Prayitno.

Perubahan data dentitas pemilik kendaraan pada BPKB palsu tidak dirubah, yang dirubah hanya pada identitas kenderaan saja. Pada identitas kendaraan banyak yang dihapus dan diprint ulang. Ini jelas kelihatan, ujarnya.

Selanjutnya Kompol Prayitno mengatakan, "Logo yang ada pada halaman 14, akan terlihat jika diterawang dengan cahaya ultraviolet dan akan timbul aneka macam angka-angka. Jika diraba kertas tersebut akan terasa kasar karna logodicetak timbul. Sementara untuk yang palsu logo tersebut dicetak rata, dan aneka nomor-nomr tidak akan timbul jika diterawang dengan cahaya ultraviolet", demikian Prayitno mengahiri keterangan persnya.

Back To Top