Top News
Loading...
Senin, 01 Januari 2018

Tahun 2017 Kementrian PUPR Bangun 7 Pos Lintas Batas Negara

Pos Perbatasan SKOUW Papua
Karokab, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan serah terima pemanfaatan 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) kepada dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Penandatanganan berita acara serah terima dilakukan antara Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo dengan Sekretaris BNPP Hadi Prabowo di Kantor BNPP, Jakarta. Dengan adanya serah terima ini diharapkan BNPP dapat mengoptimalkan pemanfaatan aset PLBN dalam memberikan manfaat untuk pembangunan daerah di wilayah perbatasan
Ketujuh PLBN yang termasuk dalam serah terima pemanfaatan ini antara lain PLBN Entikong, Badau, dan Aruk di Provinsi Kalimantan Barat, PLBN Motaain, Motamasin, dan Wini di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan PLBN Skouw di Provinsi Papua.
Pembangunan ketujuh PLBN Terpadu Tahap 1 yang telah diselesaikan difokuskan pada pengembangan Zona Inti yang meliputi Bangunan Utama PLBN, Bangunan Pemeriksaan Kargo Terpadu, Bangunan Utilitas, Keberangkatan dan Kedatangan (check point), Klinik, Gudang Sita, Jembatan Timbang, Koridor Pejalan Kaki, serta Gerbang dan Monumen Lintas Batas Negara (TASBARA).
Selanjutnya untuk mendukung kegiatan sosial-ekonomi pada kawasan PLBN Terpadu, Kementerian PUPR mulai melakukan pembangunan tahap Kedua (2017-2018) pengembangan Zona Sub Inti dan Pendukung tujuh PLBN tersebut, yang meliputi pasar dan area komersial, fasilitas umum (rest area, ATM Center), fasilitas sosial (plaza dan ruang terbuka hijau), mess pegawai, dan pos TNI/POLRI dengan total anggaran 1,5 Triliun.
Ke depannya akan ada pembangunan 9 PLBN lainnya, yang rencananya dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang setelah pembangunan tahap II tujuh PLBN telah rampung.
Kedepannya diharapkan  PLBN tidak hanya sebagai pos perbatasan yang tampak cantik dilihat negara tetangga, tapi dibalik itu juga dapat menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi di perbatasan
Back To Top