Top News
Loading...
Sabtu, 24 Februari 2018

Mensos Sebut Angka Kemiskinan Turun 1,2 Juta Orang

Menteri Sosial Idrus Marham
Karokab, Mensos Idrus Marham memastikan angka kemiskinan di era Pemerintahan Joko Widodo telah turun sebesar 1,2 juta. Data terakhir menunjukkan terdapat 26,58 juta penduduk miskin di Indonesia. Artinya, selama masa pemerintahan Presiden Jokowi, terjadi penurunan angka kemiskinan sebesar 0,5 persen atau setara 1,2 juta orang yang tidak lagi dalam kategori miskin. 

Untuk itu Kemensos bertekad memperkuat tren pengurangan angka kemiskinan , pertama dengan meneruskan program bantuan sosial(bansos) yang ada, kedua terus mengawal penguatan validitas dataMensos menyatakan tidak sependapat dengan anggapan bahwa data penduduk miskin harus valid 100 persen. Sebab bagaimanapun, ada prosentase tertentu yang memang terus berkembang.

"Mungkin valid sampai sekitar 95 persen. Yang 5 persen atau kurang, ini kan dinamis. Ada yang meninggal, ada yang karena semula bekerja tapi kemudian kena PKH dan tak punya penghasilan lain, akhir miskin. Ada juga yang semula menganggur kemudian punya pekerjaan tetap sehingga keluar dari kategori miskin," katanya.

Baca Juga

Back To Top