Top News
Loading...
Kamis, 01 Maret 2018

Komisi X DPR - RI Harapkan Target 1 Juta Wisatawan ke Danau Toba 2019 Terealisasi

Ketua Komisi X Djoko Udjianto
Karokab, Komisi X DPR-RI harapkan target 1 juta Wisatawan Manca Negara yang berkunjung ke Danau Toba Tahun 2019 dapat terealisasi. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi X DPR-RI Djoko Udjianto dalam Kunjungan Kerja di Kantor Gubernur Sumatera Utara,  Rabu (28/2-2018). Menurutnya masalah yang dihadapi pemprov saat ini adalaah  koordinasi lintas sektoral dalam pengelolaan Danau Toba.

Komisi X menekankan agar Pemprov Sumatera Utara dapat bekerja sama dengan Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) dalam hal koordinasi lintas sektoral. "Kami berharap, dengan terbentuknya BPODT november 2016 lalu, masalah koordinasi lintas sektoral ini dapat diselesaikan, dan target 1 juta Wisatawan Mancanegara berkunjung ke Danau Toba tahun 2019 dapat terealisasi", ujarnya.

Seperti di ketahui, Danau Toba merupakan danau alam terbesar tekto-vulkanik yang menempati kaldera dari sebuah super vulkan, dengan luas 1.145 km persegi. Danau ini terlihat seperti lautan dengan sebuah pulau di tengah danau. 

Hingga saat ini kunjungan wisatawan manca negara ke Danau Toba perlahan mengalami kenaikan, namun kenaikan ini masih jauh dari yang diharapkan. Pada tahun 2016 jumlah kunjungan mencapai 233.643 wisatawan dan tahun 2017 sebanyak 261.736 kunjungan atau naik sekitar 12%.

Djoko meminta kepada semua pemangku kepentingan wisata di Sumut bekerja maksimal, kunjungan 1 Juta wisatawan mancanegara yang telah di targetkan pemerintah dapat direalisasikan.

Baca Juga

Back To Top